Monday, November 4, 2013

Kirab Kerbau Bule 1 Suro Keraton Surakarta 2013 Tanpa Pusaka Keraton

arnietha rumah batik


Seperti tahun-tahun sebelumnya kala menyambut 1 suro atau 1 muharam, tahun baru islam, di Solo selalu digelar kirab Kerbau Bule dan pusaka keraton solo. Namun malam tadi tampak berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya. Kirab Malam 1 Suro di Keraton Surakarta tadi malam digelar tanpa menyertakan pusaka. Hanya delapan ekor kerbau bule yang diiring oleh para kerabat dan abdi dalem. Dan juga pada kirab tadi malam tidak banyak warga yang menyaksikan. Diduga konflik internal di dalam keraton mempengaruhi animo warga untuk menyaksikan langsung jalannya kirab.

Menurut KGPH Puger, salah satu kerabat dari Dewan Adat Keraton Solo, mengakui bahwa kirab malam ini tanpa menyertakan pusaka keraton. Namun demikian kirab tetap dilaksanakan agar tradisi kirab tetap berjalan sesuai tahun-tahun sebelumnya.

Rombongan kirab menyusuri rute tradisi selama ini, yaitu Alun-alun Utara, Gapura Geladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi, Masuk Gladag dan selanjutnya masuk lagi ke dalam keraton.

No comments:

Post a Comment